Selamat datang di Deby's Blog dan jangan lupa komentarnya ya. Welcome to Deby's Blog. Have a nice visit and don't forget to leave your comments ^_^

Sabtu, 17 Januari 2009

REALISASI EKSKUL MENJADI PRESTASI DI SMANTRHEE (SMA 3 PANGKALAN BUN)

April, Deby, Dan Prima

Ekskul, why not? Bagi sebagian besar pelajar, ekskul atau ekstrakulikuler menjadi sesuatu yang nge-boringin. Kenapa ya? Tapi bagi anak-anak Smanthree ekskul adalah sesuatu yang asyik dan menarik. Bahkan dapat menjadi ajang untuk unjuk prestasi.

Bete… bete… ahh…

Bete… bete… ahh…

Yups,.. ! Pasti kata-kata ini yang akan ada di pikiran sebagian pelajar jika mendengar kata ekskul. Apalagi kalau kita ikut suatu kegiatan ekskul dengan terpaksa, duh ga kebayang deh betenya gimana. Bete banget kali ya.

Sebagian pelajar mengaanggap bahwa ekskul merupakan sesuatu hal yang sepele dan buang-buang waktu aja. Apalagi bagi siswa yang masuk kalangan intelek, di pikiran mereka ekskul cuma buang-buang waktu belajar aja, mending waktunya dipake buat belajar di rumah (Duh,.. Rajin amat seh? Hehehe) Atau siswa yang ga hoby belajar pasti lebih milih ngehabisin waktunya buat refleshing atau jalan-jalan ketimbang ikut ekskul. Wah, menyedihkan banget sih. Kenapa yah? Ada apa dengan ekskul?

Selidik punya selidik, ternyata sebagian besar pelajar belum mengenal apa itu ekskul dan kegiatan-kegiatan menarik yang ada dalamnya. Yang mereka tahu hanyalah anggapan bahwa ekskul itu Cuma bikin cape dan buang-buang waktu aja. Wah ga boleh dibiarin nih! Sebenarnya, ekskul adalah kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Ekskul juga dapat dijadikan sarana untuk mencari ilmu dan refreshing. Contohnya aja ekskul yang ada di SMA 3 Pangkalan Bun, banyak benget lho macamnya dan seru-seru lagi.

Ekskul yang ada di SMA 3 Pangkalan Bun mencakup semua bidang yang pelajar pasti suka. Yaitu di bidang olah raga, seni bahkan pelajaran juga ada ekskulnya lho. Yuk kita intip satu persatu!

Di bidang olah raga, SMA 3 Pangkalan Bun mempunyai 5 cabang ekskul. Tinggal milih deh mana aja yang kita suka. Ada baskel ball, volley ball, badminton, tennis meja, dan sepak bola. Bahkan mereka punya klub sendiri lho.

Selain di bidang olah raga, bidang seninya juga ga kalah seru. Dalam hal seni, SMA 3 Pangkalan Bun punya paduan suara, seni tari, dan seni drama. Bahkan hadrah pun ada. Dan yang terkerennya mereka punya sanggar seni sendiri. Mereka memberi gelar Sanggar Mamanda.

Nah, untuk para intelak muda nie ada ekskulnya juga. Ekskul di mana mereka bisa mengasah kemampuan berfikirnya setajam mungkin (kayak pisau aja di asah hehehe…). Ada Olimpiade dan Debat Bahasa Inggris. Untuk olimpiade sendiri ada banya cabangnya lagi, ada Biologi, Matematika, Ekonomi, Kimia dan macam-macam lagi.

Selain itu SMA 3 Pangkalan Bun juga punya ekskul wajib, yaitu Pramuka yang merupakan ekskul yang dapat mengasah kemandirian dan PMR yang merupakan ekskul berbau medis-medis gitu. Bahkan PMR di SMA 3 Pangkalan Bun sudah membuka layanan tes golongan darah lho. Dan terjamin ke falid-annya. Uhm, banyak juga yang ekskulnya.

Eh, rupanya selain untuk sarana mencari ilmu dan refresing, ekskul juga dimanfaatkan pelajar Smanthree untuk sarana mencari prestasi. Masa iya sih? Iya dong. Contohnya aja di bidang olah raga basket, mereka selalu dapat menjuarai beberapa kejuaraan yang ada, bahkan ga jarang mereka menjadi juara umun. Ck… ck… ck… keren banget!

Di bidang seni rupanya ga mau kalah juga. Paduan suara SMA 3 Pangkalan Bun sering banget lho dipercaya Pemda KOBAR buat jadi paduan suara pada peringatan hari-hari penting di halaman kantor bupati. SMA 3 Pangkalan Bun juga pernah menjuarai event-event seni yang ada, seperti seni tari (juara 3 Pestival Marunting Batu Aji), seni drama (juara 3 CCP), dan puisi (juara 2 CCP).

Walau di bidang seni dan olah raga banyak peminatnya, di bidang pelajaran juga ga kalah banyak. Ga sedikit siswa yang berminat untuk ikut ekskul MOSI (Menuju Olimpiade Sains Ondonesia) dan Debat Bahasa Inggris. Bahkan ada pelajar SMA 3 Pangkalan Bun yang pernah mewakili KOBAR dalam Olimpiade Ekonomi tinggat provinsi di Palangka Raya.

Wah… wah… wah… rupanya ekskul itu bukan sesuatu yang ngeboringin kan? Selain kita mendapat ilmu dan ber-refleshing, kita juga dapat mengukur prestasi melalui ekskul.

Dan khusus siswa yang berprestasi, sekolah juga akan memberikan apreasiasi seperti yang dituturkan oleh Kepala Sekolah SMA 3 Pangkalan Bun, Dra.Rusnah. Beliau mengatakan bahwa siswa yang berprestasi pasti akan mendapat apresiasi dan perhatian dari pihan sekolah. Hal itu merupakan bentuk kepedulian sekolah terhadap ekskul. Duh,.. bangga banget kan?!

Jadi jangan pernah beranggapan bahwa ekskul adalah sesuatu yang ngeboringin dan buang-buang waktu aja. Kita sebagai remaja pelajar harus dapat mengisi masa muda kita ini dengan hal-hal yang positif. Salah satunya ya dengan mengikuti ekskul itu. So,… Ekskul?! Why not???



Related Posts:

2 comments:

avrill mengatakan...

huhu... jadi kangen bikin artikel bareng... :)

Deby 'Dean' mengatakan...

@avrill
Ya Vriel,, kapan lagi lah,,,:)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o
:-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) XD :-x :-p :S :@

Posting Komentar

Silahkan bagi teman-teman untuk meluangkan waktunya memberikan sedikit komentar untuk kemajuan Deby`s Blog ini. Untaian kata anda sangat berarti bagi Kami,, :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...