Selamat datang di Deby's Blog dan jangan lupa komentarnya ya. Welcome to Deby's Blog. Have a nice visit and don't forget to leave your comments ^_^

Minggu, 21 Agustus 2016

Sandisk iXpand: "OTG-nya iOS"

Yups, sesuai judulnya, kali ini kita akan membahas yang berkaitan dengan iOS lagi. Androidnya libur dulu ya. Andro-nya abis dipinjam sama maling. Jadi untuk sementara waktu, saya akan posting yang berkaitan dengan iOS aja dulu. Hatur nuhun, terima kasih. (ini hanyalah intro nyeleneh).

Blogdeby.com - Ruang penyimpanan tentu saja menjadi hal yang sangat penting belakangan ini. Faktor utama yang sangat mendorong  hal ini menurut saya adalah aplikasi-aplikasi yang bagus yang semakin lama semakin 'bengkak' saja ukurannya. Teman-teman pasti pernah menjumpai game yang meminta space hingga lebih dari 1 GB. Ngalahin game PC aja ya (sebagian). Terlebih untuk perangkat iOS, aplikasi dengan kualitas sangat "bening" tentu saja meminta ruang yang cukup besar. Tidak heran iOS device dengan ukuran 16GB sudah dikatakan sangat tidak mumpuni. Nah untuk menanggulangi masalah ini, Sandisk menawarkan sesuatu yang sangat menggoda untuk dilewatkan (menurut saya), yaitu produk Sandisk iXpand, OTG-nya iOS.

Sandisk iXpand for iOS devices (Credit: DCP)
iXpand adalah produk keluaran perusahan pembuat chip memory, Sandisk, yang ditujukan khusus untuk perangkat iOS. Fungsinya adalah agar perangkat iOS teman-teman memiliki ruang lebih dengan cara memindahkan foto dan juga video ke dalamnya. Nah, asyiknya apa? Sama saja kan dengan backup di laptop? Tunggu dulu om, perangkat ini mobile sekali. persis seperti OTG nya android. Hanya saya dengan kemasan dan juga user interface yang sangat asyik. Mau tau? Berikut ulasannya.

Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa fitur dari perangkat ini. Fitur-fitur ini lah yang membuat iXpand ini beda dari yang lain. Hal itu meliputi (1) good form factor quality, (2) non-jailbreak compatibility, (3) native media player, (4) easy backup and restore, dan (5) security). Mari kita ulas satu persatu.

(1) Good Form Factor Quality
Pernahkan teman-teman melihat produk yang fungsinya serupa dengan Sandisk iXPand ini? Apabila teman-teman bandingkan, saya yakin teman-teman akan sependapat dengan saya bahwa produk ini merupkan yang terbaik sejauh ini, bahkan dengan produk yang pernah dikeluarkan oleh Sandisk sekali pun. Sangat esensial.
Sandisk iXpand Packaging (Credit: DCP)
Bentuknya yang mungil membuat keberadaan alat ini tidak begitu mengganggu. Dalam posisi memegang iPhone, saya pun tidak merasa terganggu dengan keberadannya. Hanya saja akan beda halnya apabila diletakan pada bidang yang datar, karena sebagian dari perangkat tersebut dibentuk melengkung ke bagian belakang iOS device teman-teman. Jadi seperti 'mengigit' perangkat iOS nya.

The form factor of the iXpand when used (Credit: DCP)
(2) Non-Jailbreak Compatibility
Perangkat ini tidak mengharuskan teman-teman untuk melakukan jailbreak. Teman-teman cukup mendownload aplikasi pendukung yang telah disediakan oleh Sandisk di App Store. Ukurannya lumayan besar, sekitar 175MB. Jadi pastikan teman-teman untuk terhubung ke WiFi terdekat ya.

iXpand Drive application. Available in App Store (Credit: DCP)
Aplikasi ini sangat user friendly. Tampilan yang diberikan sangat "mahal". I know what I see. Susunan fiturnya sangat rapi dan juga fungsional. Informasi sisa space kosong dan yang digunakan pun disampaikan dengan rapi dan real time. Jadi kita akan selalu mengetahui berapa sisa space  yang kita miliki.

Available storage information (Credit: DCP)
(3) Native Media Player
Perangkat ini memiliki transfer rate yang sangat cepat sekali, persisnya sih saya tidak tahu. Namun hal ini terasa pada native media player di aplikasi iXpand Drive tersebut. Kita dapat dengan langsung memutar lagu ataupun video dengan resolusi tinggi tanpa buffer. Jadi, bisa digunakan untuk menonton film di iPhone. Tampilannya pun sangat keren. Seperti sedang memuat video di YouTube versi iOS. Music playernya pun juga memiilki fitur dasar dari music player kebayakan seperti sort berdasarkan artis atau album, shuffle, dan juga dapat menampilkan music art-nya.
YouTube like video player (Credit: DCP)
(4) Easy Backup & Restore
Untuk fitur backup dan restore, terdapat tiga pilihan, yaitu: BACKUP & RESTORE PHOTO LIBRARY, BACKUP SOCIAL MEDIA, dan  BACKUP & RESTORE CONTACT. Dari namanya teman-teman pasti sudah tau artinya dan fungsinya apa. Yang menarik adalah, fitur backup dan restore photo library dapat diatur secara otomatis. Jadi setiap kali teman-teman memasang unit iXpand ke perangkat iOS teman-teman, perangkat ini akan secara sendirinya memeriksa foto baru yang belum di backup, dan memindahkannya ke unit iXpand tersebut. Keren kan?

The Main Backup Options (Credit: DCP)
Manual transfer juga ada lho. Jadi teman-teman bisa memilih file mana saja yang mau dibackup. Tidak ketinggalan, kita juga bisa melakukan transfer file dari iXpand ke memory iPhone. Jadi kalau punya music, bisa langsung di transfer dan langsung masuk di Musicnya iPhone. Keren bukan. Bukan cuman keren lah. Simple juga!

Manual backup/restore and or copy files from iXPand (Credit: DCP)
(5) Security (Bukan satpam ya)
Perangkat ini juga mendukung enkripsi lho. Jadi teman-teman bisa mengaktifkan password atau touch ID iDevice untuk menjaga keamanan data teman-teman. Dengan demikian, iXpand teman-teman tidak dapat dengan sembarangan diakses oleh orang yang tidak berhak. Ah lengkap deh lah.

Give it a password! (Credit: DCP)
Bonus
Ada fitur tambahan yang menurut saya cukup penting untuk diketahui.
  1. Teman-teman dapat menggunakan fitur camera yang disediakan aplikasi iXpand Drive tersebut untuk mengambil gambar ataupun video dan menyimpannya secara langsung ke perangkat iXpand. Tapi dengan fitur yang sangat standar dan kurang lengkap menurut saya.
  2. Dapat digunakan sebagai flashdisk pada umumnya. Just plug and play (tanpa aplikasi lain-lain).

Minus (Karena tidak ada yang sempurna)
Ada satu catatan yang harus dipertimbangkan untuk perangkat ini, yaitu:
  1. Penggunaannya juga membutuhkan tenaga listrik. Jadi iXpand akan meminta sedikit "juice" dari perangkat teman-teman. Apabila teman-teman pernah melihat iXpand versi pertama yang sedikit bongsor, versi itu dibekali dengan batrai sendiri yang harus rutin di charge dengan memasangkannya di laptop. Versi kedua ini mungkin versi minimalisnya dengan menghilangkan batrai tersebut. Tapi menurut saya hal itu tidak lah menjadi masalah. Toh, kita tidak ingin selalu menggunakannya kan? Cukup gunakan disaat perlu saja. Jadi penggunaan batrai dapat diminimalisir.
Nah jadi itu menurut saya. Bagi anda khususnya pengguna iOS device dengan kapasitas kecil, saya sarankan nabung deh ya buat beli ini. Worth it banget. Perangkat ini tersedia dalam beberapa ukuran penyimpanan, yaitu 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB. Sayang saya review ini adalah yang versi 64GB yang harus saya pinang dengan harga 850 ribu (diskon dari yang semula 1.1 juta rupiah).


Related Posts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...