Welcome Guys!
Selamat datang di Deby's Blog dan jangan lupa komentarnya ya. Welcome to Deby's Blog. Have a nice visit and don't forget to leave your comments ^_^

Kamis, 17 Februari 2011

Apa Itu Kilatan Matahari?


Mungkin temen-temen sekalian sudah ada yang tahu mengenai fenomena yang bernama Kilatan Matahari. Fenomena yang alami ini terjadi akibat sebuah ledakan yang terjadi di Matahari yang dapat memacarkan gelombang panas yang sangat dahsyat. Namun temen-temen tidak perlu kawathir, karena keberadaan medan magnet Bumi, kilatan tersebut tidak akan mengenai kita. Medan magnet Bumi sejak ribuan tahun yang lalu sudah melindungi Bumi ini dari dampak langsung yang disebabkan oleh kilatan Matahari.
Walau terlindungi, tetap saja ada beberapa dampak yang disebabkan oleh kilatan Matahari tersebut. Kilatan Matahari merupakan sebuah gelombang panas yang bergerak dengan sangat cepat. Hanya memerlukan waktu beberapa menit baginya untuk mencapai bumi. Apabila terjadi dalam skala yang cukup besar, kilatan Matahari dapat mengganggu transmisi jaringan telekomunikasi dan penerbangan, bahkan kelistrikan. Seperti yang pernah terjadi di Finlandia. Kilatan matahari atau Sun Flare menyebabkan padamnya listrik di negara tersebut. Apabila seorang astronot yang tidak terlindungi terkena gelombang panas yang juga penuh radiasi ini, akan menyebabkan gangguan yang bermacam-macam, dari paparan radiasi yang melekat sampai dengan kematian.



Kejadian yang alamiah ini tidak dapat diketahui secara tepat, hal tersebut dikarenakan selain jarak yang jauh antara matahari dan bumi, hal ini juga terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Setelah sampai ke Bumi, hal ini hanya berlangsung selama kurang lebih selama 3-5 menit.
Kilatan Matahari yang terbesar selama 4 tahun terakhir terjadi pada tanggal 15 Februari 2011 yang lalu dan menyebabkan sedikit gangguan pada lintang Bumi seperti Rusia, kutub utara, Kanada dan Rusia. Peneliti NASA dari Solar Dynamics Observatory (SOD), pesawat luar angkasa merekam kilatan sinar ultraviolet yang ekstrim dari cahaya Matahari.

Semoga Bermanfaat (^_^)


Related Posts:

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o
:-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) XD :-x :-p :S :@

Posting Komentar

Silahkan bagi teman-teman untuk meluangkan waktunya memberikan sedikit komentar untuk kemajuan Deby`s Blog ini. Untaian kata anda sangat berarti bagi Kami,, :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...