Selamat datang di Deby's Blog dan jangan lupa komentarnya ya. Welcome to Deby's Blog. Have a nice visit and don't forget to leave your comments ^_^

Senin, 28 Maret 2011

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook.

Kita memang terkadang dibingungkan apa perbedaan dari ketiga kata tersebut. Laptop, notebook, dan netbook. Serupa tapi tidak sama. Sangat banyak dari kita yang sering salah dalam memberikan penafsiran mengenai hal tersebut.

Pada dasarnya baik lapptop, notebook, dan netbook merujuk kepada sebuah alat yang sering kita kenal dengan komputer, namun memiliki ukuran yang mobile yang memungkinkan penggunannya membawa alat tersebut kemana-mana.


OK, sekarang kita mulai dengan pembahasan ini. Kata LAPTOP di bagi menjadi 2 kata, yaitu Lap yang berarti "pangkuan", dan Top yang berarti di "atas". Jadi yang namanya LAPTOP adalah berada di atas pangkuan. Kenapa demikian? Karena pada masanya dahulu, laptop ini banyak digunakan dengan cara dipangku. Namun beberapa penelitian mengungkap fakta mengenai bahaya menggunakan laptop dengan cara dipangku, kebiasaan ini pun mulai ditinggalkan. Jadi kesimpulannya Laptop sama artinya dengan Notebook atau Netbook. Asal temen-temen menggunakannya di atas pangkuan, jadilah LAPTOP.

Selanjutnya mengenai NOTEBOOK. Pada dasarnya penemuan komputer mobile ini ditujukan agar orang bisa mencatat yang ingin mereka catat di komputer mobile tersebut. Notebook artinya buku catatan. Benergak?

Istilah NETBOOK pertama kali didengungkan oleh reviewer IT karena meningkatnya penjualan Asus EeePC yang imut, kemudian berbagai vendor berpacu melahirkan saingan EeePC. Seperti MSI dengan wind-nya, Acer dengan Aspire One-nya atau Axioo dengan Pico-nya. Dan di luar sana (di barat) netbook adalah “notebook kedua” bagi mereka (karena udah punya notebook gede dirumah), istilah netbook juga dikarenakan “notebook” ini cuman enak digunakan browse-ing (Google-ing, YM-ing, Facebook-ing, tepelant-ing). Dengan kasat mata teman-teman akan mengetahui yang mana yang notebook, dan yang mana yang netbook.

Ciri Netbook adalah
  1. Ukuran layar dibawah 12 inci sampai 7 inci,
  2. Kebanyakan mengunakan prosesor intel Atom atau prosesor VIA ULV (Asus EeePC pertama mengunakan prosesor jenis ini),
  3. Ukuran keyboard kecil, susah kalo berlama-lama kalo ngetik (keriting tuw jari)
  4. Tidak memiliki sebuah optical drive (CD/DVD ROM)
  5. Daya tahan battery yang baik, diatas 3 jam


Ciri Notebook adalah (selain yang disebutkan diatas tentunya)
  1. Ukuran layar diatas atau sama dengan 12 inci,
  2. Mengunakan berbagai prosesor bahkan memiliki VGA yang bisa memainkan game kelas next-gen,
  3. Ukuran keyboard penuh (seperti keyboard komputer yang ada di rumah),
  4. Memiliki optical drive,
  5. Daya tahan battery yang sedikit boros, tergantung pengunaan sebenarnya

Jadi Laptop itu hanya kepada julukan yang dulunya atau bahkan sekarang banyak orang yang menggunakannya dengan cara di pangku. Namun juga banyak persepsi yang mengatakan Laptop sama dengan Notebook untuk spesifikasinya.
Kiranya hanya ini yang menjadi permasalah mengenai ketiga islitah tersebut. Apabila temen-temen hanya ingin melakukan kegiatan browsing, sudah akan cukup dengan menggunakan Netbook. Namun apabila temen-temen ingin mengerjakan proposal yang memakan waktu yang sangat lama, tidak disarankan untuk menggunakan Netbook, tapi gunakan lah Notebook yang mengunakan keyboard yang enak untuk digunakan bagi jari temen-temen. Kalau perlu cari yang menggunakan processor dan vga yang mumpuni.

Semoga Bermanfaat (^_^)

Related Posts:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...